Sistem Informasi Manajemen

BAB I
GAMBARAN UMUM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


1.   Definisi SIM
Informasi dapat diibaratkan sebagai darah yang mengalir di dalam tubuh manusia, seperti halnya informasi di dalam sebuah perusahaan yang sangat penting untuk mendukung kelangsungan perkembangannya, sehingga terdapat alasan bahwa informasi sangat dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Akibat bila kurang mendapatkan informasi, dalam waktu tertentu perusahaan akan mengalami ketidakmampuan mengontrol sumber daya, sehingga dalam mengambil keputusan-keputusan strategis sangat terganggu, yang pada akhirnya akan mengalami kekalahan dalam bersaing dengan lingkungan pesaingnya. Disamping itu, sistem informasi yang dimiliki seringkali tidak dapat bekerja dengan baik.

Masalah utamanya adalah bahwa sistem informasi tersebut terlalu banyak informasi yang tidak bermanfaat atau berarti (sistem terlalu banyak data). Memahami konsep dasar informasi adalah sangat penting (vital) dalam mendesain sebuah sistem informasi yang efektif (effective business system). Menyiapkan langkah atau metode dalam menyediakan informasi yang berkualitas adalah tujuan dalam mendesain sistem baru.
Sebuah perusahaan mengadakan transaksi-transaksi yang harus diolah agar bisa menjalankan kegiatannya sehari-hari. Daftar gaji harus disiapkan, penjualan dan pembayaran atas perkiraan harus dibutuhkan, semua ini dan hal-hal lainnya adalah kegiatan pengolahan data dan harus dianggap bersifat pekerjaan juru tulis yang mengikuti suatu prosedur standar tertentu.

Komputer bermanfaat untuk tugas-tugas pengolahan data semacam ini, tetapi sebuah sistem informasi menajemen melaksanakan pula tugas-tugas lain dan lebih dari sekedar sistem pengolahan data. Adalah sistem pengolahan informasi yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen dan bagi pengambilan keputusan.
Sistem informasi manajeman digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida.
           
https://1.bp.blogspot.com/-EXw7hrS8Fs4/VvD0saZQxmI/AAAAAAAAAGw/DXcDCIZm6e45KdESEZQrdwBd0TB-NjgWQ/s1600/piramida.png
Piramida SIM 

Definisi  SIM : istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.

Dalam hal ini konsep manusia/mesin berarti perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.

2.   Konsep SIM
SIM adalah teknik pengelolaan informasi dalam suatu organisasi. Di dalam teknik pengelolaan informasi tersebut, terdapat sentralisasi dan desentralisasi.

Di dalam sentralisasi semua pekerjaan dilakukan oleh pusat pengelolaan, yaitu tempat pusat komputer terpasang. Pemakai jarak jauh dilayani melalui saluran komunikasi dengan teknik “Time Sharing” Sedangkan di dalam desentralisasi, kegiatan pengolahan data dilakukan oleh masing-masing unit yang bersifat lokal.

3.   Pemanfaatan Manajemen dan Model Keputusan
Metode untuk mengolah data menjadi informasi adalah dalam bentuk sebuah model keputusan.
Model-model pembantu keputusan yang dapat dipakai berupa :
Ø  Model Cerdas (intelligent model) : untuk menemukan persoalan
Ø  Model Keputusan (decision model) : untuk mengenali dan menganalisa alternatif-alternatif penyelesaian
Ø  Model Optimisasi (optimization model) : untuk memberikan suatu penyelesaian yang memuaskan

4.       SIM dimata Pemakai




Pemakai



Penggunaan



Petugas Administrasi



Mengerjakan transaksi, mengolah data, dan menjawab pertanyaan



Manajer tingkat bawah



Mendapatkan data operasi, membantu perencanaan, dan penjadwalan



Staff Ahli
Informasi untuk analisis, membantu dalam analisis, perencanaan, dan pelaporan



Manajemen



Laporan tetap dan permintaan info khusus

5.      Pokok – pokok sebuah SIM

1)   Perangkat Keras (hardware) meliputi :
·         Media input : keyboard, mouse, scanner, dll
·         Media proses : CPU
·         Media Output : monitor, speaker, printer, LCD, Proyektor, dll
·         Media Simpan : harddisk, flashdisk, floppy disk, CD, DVDdll
2)   Perangkat Lunak (software) meliputi :
·         Sistem operasi : windows, Dos, dll
·         Bahasa pemograman : basic, jafa, dll
·         Paket aplikasi : Microsoft office (Ms. word, Ms. excel dll)
3)   Database (basis data) merupakan sekumpulan file yang saling berhubungan satu dengan yang lain, misalnya : data mahasiswa, data dosen, data matakuliah, data nilai, dll
4)   Prosedur, misalnya : pengajuan KRS, penjadwalan kuliah, KBM, pengolahan data nilai, Laporan, dll

5)   Petugas pengoperasian sistem informasi manajemen / Administrasi, misalnya : staff prodi, staff fakultas, staff bio keuangan, staff bio akademik

Latest


EmoticonEmoticon