DEFINISI TEK.INFORMASI & SIS.INFORMASI

Assalaamualaikum.

Wah,mau ngetik aja gerogi. Maklumlah,baru pertama buat blog. Oh. Pada tulisan kali ini,saya cuman pengen memperkenalkan diri saya ke dunia blogging. Karena setelah mendengar cerita dari teman saya yang entah siapa namanya heheh(bercanda) bercerita kalo di internet itu bisa untuk cari uang. Truss gue tanyain tuh bocah gimana caranya? Trus dia jawabnya sinis buanget tahu nggak?!?!?! Gini dia jawabnya,hare gene ndak tahu internet, "NDEESSSOOO" heee hanya bercanda

Langsung aja, pembahasan di Blog ini saya akan membahas sedikit tentang materi Pengantar Teknologi Informasi.

BAB I. PENGERTIAN TEKNOLGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI
    1.1 DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI
Explored. Hera Wijaya 



Teknologi Berasal dari Bahasa Yunani yaitu :Teknos & Logos yaitu Suatu alat yang diciptakan oleh manusia untuk memudahkan pekerjaan manusia.“ HASIL PERKEMBANGAN DARI ILMU PENGETAHUAN YANG ADA “ 
Pengertian Teknologi Informasi (TI) TI adalah istilah terhadap berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam  pembentukan, penyimpanan, dan      penyebaran informasi.Perlunya Teknologi Informasi, karena:1.      Kompleksitas tugas manajemen
2.      Pengaruh globalisasi
3.      Perlunya response time cepat
4.      Tekanan persaingan bisnis 
Banyak ahli yang sudah memberikan tentang pengertian dari teknologi informasi menurut disiplin ilmu yang mereka pelajari dan tekuni. Uniknya, setiap ahli punya pendapat yang berbeda satu dengan yang lain.
 Menurut Haaq dan Keen :“Seperangkat alat yang membantu bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi”.
Menurut Martin :“Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi,melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.”
1.2 PERKEMBANAN TEKNOLOGI INFORMASI DI INDONESIA DAN DUNIA
Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja. Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. perkembangan teknologi di Indonesia tidak hanya di dunia pendidikan, tetapi juga dibeberapa sektor yang sangat mempengaruhi untuk masyarakat Indonesia untuk mempermudah kegiatannya secara efektif dan efisien, dan terlepas dari dampak negatifnya. 

Menurut saya pribadi, Di Indonesia yang notabenenya sebagai negara berkembang dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap orang untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Ketersediaan infrastruktur ini sangat terasa di daerah-daerah yang proses memperoleh informasinya masih terbatas. Hal ini dikarenakan di Indonesia penyebaran teknologi informasi dan komunikasi belum merata, sekarang ini hanya di kota-kota besar sajalah yang sudah dengan mudah menikmati dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia. Dengan demikian perkembangan pendidikan pun menjadi terhambat dan juga tidak merata. Dengan adanya perkembangan internet yang sekaran sudah banyak dinikmati oleh semua kalangan dari yang kecil sampai yang dewasa, perkembangan itu sudah cukup memberikan dampak positif yang luar biasa, semua orang bisa tahu informasi dari luar maupun didalam suatu negara, tidak hanya internet tetapi teknologi lain yang tidak kalah saing sepeti gadget dan teknologi lain yang sedang di gandrungi anak remaja.

Perkembangan teknologi di Dunia, merupakan perkembangan revolusi teknologi yang sudah dulu berkembang sebelum Indonesia, mereka menciptakan segala sesuatu yang luar biasa dengan penemuan atau inovasi yang bermanfaat untuk masyaarakat di Dunia.Revolusi Digital adalah perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai hari ini.Revolusi itu pada awalnya mungkin dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Analog dengan revolusi pertanian, revolusi Industri, revolusi digital menandai awal era Informasi. 


Revolusi digital ini telah mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang sangat canggih saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan sampai membuat masalah karena tidak bisa menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar. Berikut sejarah singkat mengenai Revolusi Digital dalam perkembangan teknologi dunia.
 1.3 MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI
Manfaat Teknologi Informasi Sebagai Pembelajaran Interaktif Selain memungkinkan terjadinya komunikasi tanpa batas ruang dan waktu, teknologi interaktif juga bisa dimanfaatkan untuk mencakup pembelajaran interaktif. Pembelajaran cara ini merupakan pembelajaran yang kaya media, kaya informasi, dan kaya komunikasi. Dengan menggunakan teknologi interaktif, manusia bisa belajar dari materi yang disampaikan dengan format multimedia. Dalam pembelajaran interaktif berbasis teknologi, belajar menjadi lebih menarik karena diperkaya dengan suara, gambar, gambar bergerak, dan tingkat interaktivitas dengan media tersebut (misalnya: klik, mouseover).

Tetapi, yang lebih utama adalah menggunakan teknologi untuk memungkinkan interaksi dengan instruktur, sesama pelajar, dan sumber belajar lain di luar batas ruang (di perusahaan lain, negara lain, benua lain, dan di industri yang lain) agar pembelajaran dan pengalaman belajar menjadi lebih berarti dengan hasil yang lebih baik. Survei di bidang pembelajaran bahasa Inggris membuktikan bahwa pembelajaran di kelas dengan kualitas guru yang baik, yang diperkaya dengan pembelajaran berbasis teknologi interaktif dapat mengurangi waktu belajar secara signifikan.

Menurut saya, manfaat teknologi sangat berpengaruh positif bagi Mahasiswa, karena sangat terbantukan dalam mencari dan mengeksplor kemampuan maupun informasi di dalam segala bidang.
1.4 DEFINISI SISTEM INFORMASI
Menurut Mc leod, Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi 
Menurut Tata Sutabri, S.Kom., MM Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi organisasi yang bersifat manajerial dalam kegiatan strategi dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.
1.5 KOMPONEN SISTEM INFORMASI
Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti:
1.      Perangkat keras (hardware): mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
2.  Perangkat lunak (software) atau program: sekumpulan instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
3.      Prosedur: sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemrosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehedaki.
4.  Orang: semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemrosesan, dan penggunaan keluaran sistem infor­masi.
5.      Basis data (database): sekumpulan tabel, hubungan, dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
6. Jaringan komputer dan komunikasi data: sistem penghubung yang memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai. Pada prakteknya, tidak semua sistem informasi mencakup keseluruh­an komponen-komponen tersebut. Sebagai contoh, sistem informasi pribadi yang hanya melibatkan sebuah pemakai dan sebuah komputer tidak melibatkan fasilitas jaringan dan komunikasi. Namun, sistem infor­masi grup kerja (workgroup information system) yang melibatkan sejumlah orang dan sejumlah komputer, memerlukan sarana jaringan dan komunikasi.

4 comments

blognya ada Lagunya otomatis sampe kaget... mana soundnya laptop saya lagi besar lagi :D
bagus her.. tinggal dropdownya di edit lagi aja...
lanjutkan..

haaaa tanks atas pencerhan tutorialnya mas,,
ya ni lagi belajar dropdown ni..

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon