APSI
PENDAHULUAN
Konsep
Teknologi Informasi
BAB I
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-NYA kepada
penulis sehingga penulis berhasil menyelesaikan tugas Pengantar
Teknologi Informasi ini dengan
tepat waktu.
Tugas ini berisi tentang pembahasan
matakuliah Pengantar Teknologi Informasi. Penulis menyadari bahwa isi dari
tugas ini masih jauh dari kata sempurna, Oleh karna itu kritik dan saran dari
semua pihak yang bersifat membangun selalu penulis harapkan demi kesempurnaan
tugas-tugas penulis berikutnya.
Akhir kata, penulis mengucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan
tugas ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala
usaha kita.
Cirebon, 28 Maret 2016
Penulis
LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi yang
begitu pesat sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan.Teknologi
informasi khususnya komputer merupakan suatu sistem yang terdiri atas
perangkat software dan hardware mengalami
pertumbuhan yang pesat, bahkan komputer disebut-sebut sebagai
tonggak awal rovulusi teknologi digital. Revolusi
teknologi harus di imbangi dengan pembaharuan (innovation) pendidikan dan pembelajaran. Dengan masuknya teknologi
informasi khususnya komputer telah banyak merubah tatanan dan peran di
masyarakat. Komputer yang semula sekadar untuk membantu memecahkan
hitung-hitungan rumit kini bisa dipakai untuk olah kata, olah data, olah
gambar, dan pangkalan data berbagai bidang kehidupan. Apalagi dengan munculnya
teknologi multimedia interaktif yang sanggup menyajikan tulisan, suara, gambar,
animasi, dan video secara bersaman maupun bergantian.
Kemajuan teknologi informasi membuat
aktivitas menjadi serba cepat serta kehidupan dunia seperti
tanpa batas melalui komputer jaringan (internet)
yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Berbagai jenis informasi dapat
diakses dengan cepat, akurat dan murah. Secara garis besar peranan teknologi
komputer seperti:
1) Menggantikan peran manusia, dalam
hal ini teknologi komputer melakukan otomasi terhadap suatu tugas atau proses.
2) Teknologi komputer memperkuat
peran manusia, yakni dengan menyajikan infomasi terhadap suatu tugas atau
proses.
3) Teknologi berperan dalam
restrukturisasi terhadap peran manusia. Dalam hal ini, teknologi berperan dalam
melakukan perubahan-perubahan terhadap sekumpulan tugas atau proses.
Kemajuan teknologi informasi dan
komunikasi terus berkembang tanpa batas. Setiap hari pasti ada perkembangan dan
kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Namun kemajuan tersebut
tidak sepenuhnya membawa dampak baik bagi manusia ataupun penggunanya tapi
kemajuan teknologi juga menimbulkan dampak negatif yang tidak sedikit.
PEMBAHASAN
BAB I
1.1. DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI
· Alter
(1992), Teknologi Informasi mencakup perangkat keras dan
perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data
seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, memgambil, memanipulasi, atau
menampilkan data.
· Kamus Oxford
(1995) : Teknologi Informasi adalah studi atau penggunaan
peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan
mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.
· Pengertian
dari Teknologi Informasi dapat diartikan secara umum sebagai
suatu subyek yang luas yang berkenaan tentang teknologi dan aspek lain tentang
bagaimana melakukan manajemen dan pemrosesan pengolahan data menjadi informasi.
Teknologi informasi ini merupakan subsistem dari sistem informasi (information
system).
1.2. MANFAAT TEKNOLOGI KOMPUTER BAGI
KEHIDUPAN
Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah
data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data
dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu
informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan
pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan.
2.3. HUBUNGAN ANTARA TEKNOLOGI
INFORMASI DAN SISTEM
OPERASI
Sistem informasi adalah aplikasi
komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi,
perawatan komputer, perangkat lunak, dan data. Sistem Informasi Manajemen
adalah kunci dari bidang yang menekankan finansial dan personal manajemen.
Teknologi Informasi dilihat dari kata
penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi informasi
adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian
pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
* lebih cepat
* lebih luas sebarannya, dan
* lebih lama penyimpannya.
Hubungannya sama-sama bergerak di
bidang informasi (pengolahan), dan teknologi informasi merupakan bagian dari
sistem informasi. Karena sistem informasi dapat tersusun oleh beberapa
teknologi informasi. sehingga apabila teknologi informasi mengalami kerusakan
maka mempengaruhi sistem informasi atau sistem informasi juga akan mengalami
gangguan.
1.4. INFRASTRUKTUR INFORMASI
Infrastruktur informasi ini melipui hardware (perangkat keras), software
(perangkat lunak), jaringan komputer dan komunikasi data, dan basis data.
Berikut penjelasan dari masing-masing komponen:
1.4.1. Hardware (Perangkat Keras)
Hardware atau perangkat keras adalah
salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan
diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk
mendukung proses komputerisasi.
Berdasarkan fungsinya, hardware
dibagi menjadi:
1. Input device
(perangkat masukan)
2. Process device
(perangkat pemrosesan)
3. Output device
(perangkat keluaran)
4. Storage device
(perangkat penyimpanan)
1.4.1.1. Input
Device
Perangkat ini
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
an processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Berdasarkan sifatnya, input device
dapat digolongkan menjadi dua yaitu:
· Input device
langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
Contoh alatnya: Keyboard, Mouse,
Touch screen, Light Pen, Digitizer graphics tablet, Scanner
· Input device
tidak langsung, yaitu input yang dimasukkan harus melalui media tertentu
sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
· Contoh alatnya:
Punched card, Disket, Harddisk.
1.4.1.2.
Process Device
Perangkat ini berfungsi menampung
segala sesuatu yang diinputkan oleh user/pengguna untuk selanjutnya diproses
sehinggan menghasilkan sebuah output. Perangkat ini terdiri atas dua komponen,
yaitu Main Memory dan CPU.
1.4.1.2.1. Main Memory
Main memory ini
merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau
yang sedang diolah oleh sistem komputer. Main memory dibagi atas dua bagian, yaitu :
© ROM (Read Only
Memory)
ROM merupakan memori permanen yang
terdapat pada sistem komputer yang sudah disusun dan dibuat oleh pabrik dan
biasanya tidak untuk dirubah oleh user komputer.
ROM terdiri dari
program pokok untuk konfigurasi sistem komputer, seperti BIOS, BASIC dan BootStrap
Loader. Sinyal didalam ROM ini yang mengatur segala tugas CPU (Central
Processing Unit) saat komputer mulai diaktifkan/ dihidupkan.
© RAM (Random Access Memory)
Semua data yang
dimasukkan melalui alat input pada setiap aplikasi akan dimasukkan terlebih
dahulu ke dalam RAM. Data-data yang terdapat dalam RAM ini hanya bersifat
sementara, apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
1.4.1.2.2. CPU (Central Processing
Unit)
CPU merupakan tempat pemroses
instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan
micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari
ribuan hingga jutaan IC. Didalam CPU terdapat 3 komponen utama, yaitu:
© ALU (Arithmatic
and Logic Unit)
Tugas
utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang
terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika
dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut
adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari
suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi
perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu
sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan
(£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³).
© CU (Control Unit)
Berfungsi
sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistem komputer
serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat output menampilkan
di monitor (Instruction Cycle).
Tugas dari CU ini adalah :
ü Mengatur dan
mengendalikan alat-alat input dan output.
ü Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
ü Mengambil data
dari memori utama (jika diperlukan) untuk diprUoses.
ü Mengirim
instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta
mengawasi kerja dari ALU.
ü Menyimpan hasil proses ke memori utama.
1.4.1.2.3. Register
Register merupakan alat penyimpanan
kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk
menyimpan data dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi
lainnya yang menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori
utama.
1.4.1.3. Output Device
Perangkat keras
yang berfungsi untuk menyajikan hasil output dari proses yang sedang bekerja
pada komputer. Peralatan output dapat berupa:
§ Hard-copy device, yaitu alat yang
digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras sepert kertas atau film. Output bentuk ini sifatnya
adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat outputnya dan dapat
dibawa ke mana-mana). Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,
plotter, dan alat microfilm.
§ Soft-copy device, yaitu alat yang
digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa
sinyal elektronik. Alat outputnya dapat
berupa video display, monitor, dan
speaker.
§ Drive device atau driver, digunakan
untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media
seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai
alat output dan juga sebagai alat input. Alat output yang menggunakan media magnetic disk adalah disk drive, dan
yang menggunakan media magnetic tape adalah tape drive.
1.4.1.4. Storage Device
Memori eksternal
adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan dan
penyimpanan data, di luar komponen utama yang telah disebutkan di atas. Contoh dari memori eksternal adalah
floppy disk, harddisk, cd-rom, dvd. Hampir semua memori eksternal yang banyak
dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan
dengan perputaran piringan tersebut. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi
piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute). Makin cepat perputaran, waktu
akses pun semakin cepat, namun makin besar juga tekanan terhadap piringan
sehingga makin besar panas yang dihasilkan.
1.4.2. Software (Perangkat Lunak)
1.4.2.1. Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah sebuah sistem untuk menjalankan
kontrol dan manajemen terhadap perangkat keras dan perangkat lunak yang
lainnya. Sistem Operasi dalam bahasa Inggris dinamakan “operating system” dan
seringkali disingkat menjadi OS.
Sistem operasi komputer
terletak pada lapis pertama HDD (Hard Disk Drive). Oleh sebab itu, saat
komputer dinyalakan maka perangkat lunak pertama kali bekerja adalah sistem
operasi. Setelah sistem operasi, maka aplikasi-aplikasi baru akan mulai
beroperasi.
Perangkat yang satu ini
pun tidak hanya berfungsi sebagai perangkat lunak biasa, namun juga dapat
menjalankan beberapa layanan seperti berikut:
§ Melakukan
proses pengaksesan data
§ Melakukan
manajemen pada memori
§ Melakukan
pejadwalan tugas
§ Melakukan
pengaturan user interface
§ Dan
masih banyak lagi.
Fungsi sistem operasi
komputer dalam hal ini terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:
þ Fungsi
sebagai mediator, yaitu sistem operasi komputer dapat menjadi penengah atau
penghubung antara perangkat keras komputer (hardware) dengan perangkat lunak
komputer (software).
þ Fungsi
sebagai wadah, yaitu sistem operasi komputer akan menjadi tempat install sebuah
aplikasi dan oleh sebab itu aplikasi yang telah diinstal tadi tidak dapat
diinstal di luar sistem operasi.
þ Fungsi
sebagai penerjemah, yaitu sistem operasi komputer akan melakukan proses
penerjemahan bahasa program tertentu untuk kemudian ditampilkan ke layar
monitor berupa kombinasi grafis dan teks.
1.4.2.2. Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemrograman (programming language) adalah
sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar mempunyai fungsi
tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks
dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini
memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang
akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan
jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Fungsi bahasa pemrograman yaitu
memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita
inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi.
Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan,
penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.
Berdasarkan Tingkat Pemrograman,
Bahasa Pemrograman dibagi 3 yaitu:
1. Bahasa Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman masuk tingkat ini
karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya bahasa Basic, Visual
Basic, Pascal, Java, PHP.
2. Bahasa Tingkat Menengah
Disebut tingkat menengah karena bisa
masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya bahasa C.
3. Bahasa Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman masuk tingkat ini
karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia. Contohnya bahasa Assembly.
Menurut kedekatannya dengan mesin
komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
1. Bahasa Mesin,
yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner,
contohnya 01100101100110
2. Bahasa Tingkat
Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan
memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat
Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata
bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang
bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||,
dsb.
4. Bahasa Tingkat
Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur
kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and,
or, dsb. Komputer dapat
mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Berikut ini adalah daftar bahasa
pemrograman komputer:
Aro, Ada, ALGOL, Applescript,Assembly, BASIC:, ASP, BASIC, COMAL, Visual Basic, Visual Basic for ApplicationsVBScript, BAIK, Batch (MS-DOS), COBOL,
UNIX shell script:, Bourne shell (sh) script, Bourne-Again shell (bash) script, Korn shell (ksh) script, C shell (csh) script ™, C:™, C++™, C#™, Visual C++, ColdFusion, dBase dkk.:, Clipper, Foxbase, Visual FoxPro, Eiffel, Fortran, Go, Haskell, Java, JavaScript, JSP, Lisp, Logo, Pascal, Delphi, Perl Prolog, Python, PHP, Pike, R, REXX, REBOL, RPG, Ruby, Simula, Smalltalk, Scheme, SQL
1.4.2.3. Paket Aplikasi/Aplikasi
Pendukung
Paket aplikasi adalah program
software yang berfungsi melakukan tugas tertentu untuk membantu mempermudah
pengguna dalam menjalankan system operasi, dengan cara program aplikasi
tersebut di install , guna melengkapi kemampuan system operasi Computer untuk
menjalankan tugas – tugasnya yang lebih spesifik.
Program aplikasi berdasarkan
kegunaannya, bisa terbagi menjadi beberapa jenis, seperti :
1. Aplikasi
office, contohnya Microsoft
office, yang berfungsi membantu menunjang tugas administratif pada perkantoran.
2. Aplikasi
Grafis, contohnya CorelDraw,
Photoshop, dll. Yang fungsinya sebagai tempat pengeditan gambar, foto, dan juga
teks.
3. Aplikasi
Multimedia, contohnya Gom
player, winamp, windows media player, QuickTime. Dll. Guna sebagai pemutar file
multimedia.
4. Aplikasi
Internet, contohnya Internet
Explorer, Mozilla Firefox, Opera, google Chrome. Dll. Fungsinya sebagai tempat
menjelajah internet, dengan kata lain adalah Browsing atau Searching.
5. Aplikasi Game, contohnya Angry bird, PlantsVsZombies, Luxor,Chainz,
Solitaire, dll.
Dalam Aplikasi Office pun juga terdapat beberapa jenisnya, yaitu :
1. Aplikasi pengolah kata
2. Aplikasi pengolah angka
3. Aplikasi pengolah Basis Data
4. Aplikasi Pengolah presentasi
1.4.3. Jaringan Komputer (Jarkom) dan
Komunikasi Data (Komdat)
Jaringan Komputer (Jarkom)
Jaringan komputer adalah sebuah
sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu
sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling
berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.Istilah jaringan
komputer sendiri juga dapat diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal
komunikasi yang terdiri dari dua komputer atau lebih yang saling terhubung.
Tujuan dibangunnya jaringan komputer
adalah agar informasi/ data yang dibawa pengirim (transmitter) dapat sampai
kepada penerima (receiver) dengan tepat dan akurat. Jaringan komputer sangat
diperlukan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga
diperoleh suatu data yang relevan.
Manfaat Jaringan komputer:
§ Dengan jaringan komputer, kita bisa
mengakses file yang kita miliki sekaligus file orang lain yang telah
diseberluaskan melalui suatu jaringan, semisal jaringan internet.
§ Melalui jaringan komputer, kita bisa
melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien.
§ Jaringan komputer membantu seseorang
berhubungan dengan orang lain dari berbagai negara dengan mudah.
§ Selain itu, pengguna juga dapat
mengirim teks, gambar, audio, maupun video secara real time dengan bantuan
jaringan komputer.
§ Kita dapat mengakses berita atau
informasi dengan sangat mudah melalui internet dikarenakan internet merupakan
salah satu contoh jaringan komputer.
§ Misalkan dalam suatu kantor memerlukan
printer, kita tidak perlu membeli printer sejumlah dengan komputer yang
terdapat pada kantor tersebut. Kita cukup membeli satu printer saja untuk
digunakan oleh semua karyawan kantor tersebut dengan bantuan jaringan komputer.
MACAM-MACAM JARINGAN KOMPUTER
A. Berdasarkan Jangkauan Geografis
1. LAN (Local Area Network)
LAN merupakan jaringan yang hanya
mencakup wilayah kecil saja, semisal warnet, kantor, atau sekolah. Umumnya
jaringan LAN luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi. Biasanya jaringan LAN
menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet yang mempunyai kecepatan transfer
data sekitar 10, 100, bahkan 1000 MB/s. Selain menggunakan teknologi Ethernet,
tak sedikit juga yang menggunakan teknologi nirkabel seperti Wi-fi untuk
jaringan LAN.
2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan jaringan
yang mencakup suatu kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi.
Bisa dibilang, jaringan MAN merupakan gabungan dari beberapa jaringan LAN.
Jangakauan dari jaringan MAN berkisar 10-50 km. MAN hanya memiliki satu atau
dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat
rancangan menjadi lebih simple.
3. WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan yang
jangakauannya mencakup daerah geografis yang luas, seperti sebuah negara bahkan
benua.
B. Berdasarkan Fungsinya
1. Jaringan Komputer Peer to Peer
Merupakan model jaringan komputer
yang dimana dalam jaringan tersebut setiap komputer dapat difungsikan sebagai
Client-Server.
2. Jaringan Komputer Client-Server
Merupakan model jaringan komputer dimana salah satu dari komputer difungsikan
sebagai Server untuk melayani komputer lain sebagai Client.
C. Berdasarkan Media Transmisinya
1. Jaringan Komputer Mengginkan Media
Kabel (Wired Network)
Jaringan komputer ini menggunakan media kabel sebagai media transmisinya.
Jaringan komputer ini disebut juga dengan jaringan menggunakan media transmisii
terpadu (Guided Tranmission Media). Beberapa kabel yang bisa digunakan untuk
membuat jaringan model ini diantaranya Kabel Coaxial, Kabel TP (STP dan UTP),
serta Kabel Fiber Optic.
2. Jaringan Komputer Tanpa
Menggunakan Kabel (Nirkabel)
Jaringan komputer seperti ini menggunakan sistem gelombang sebagai sistem
transmisinya. Jaringan ini juga disebut sebagai jaringan komputer yang
menggunakan media transmisi tidak terpadu (Unguided Transmission Media).
Beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain: Gelombang Mikro,
Satelit, dan Infrared.
D. Berdasarkan Distribusi Sumber
Transmisi Datanya
1. Jaringan Komputer Terpusat (Host
Based Network)
Jaringan komputer ini terdiri dari komputer Client dan Server dimana salah satu
dari komputer Client berfungsi sebagai perantara untuk dapat mengakses sumber
informasi/data yang berasal dari komputer Server.
2. Jaringan Komputer Terdistribusi
(Distributed Network)
Jaringan komputer ini merupakan perpaduan dari beberapa jaringan terpusat
sehingga terdapat beberapa komputer Server yang saling berhubungan dengan
Client dan membentuk sistem jaringan tertentu.
E. Berdasarkan Topologinya
1. Jaringan Komputer dengan Topologi
Linier Bus
Semua simpul-simpul komputer
dihubungkan melalui kabel yang disebut dengan Bus ke dalam sebuah jaringan.
2. Jaringan Komputer dengan Topologi
Ring
Informasi dikirimkan oleh sebuah
komputer, akan melewati satu komputer ke komputer berikutnya secara melingkar
searah jarum jam.
Topologi ring umumnya digunakan
didalam jaringan token ring dan fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang
banyak digunakan di kampus-kampus atau gabungan gedung-gedung untuk menciptakan
sebuah jaringan tulang punggung(backbone) berkecepatan tinggi.
3. Jaringan Komputer dengan Topologi
Star.
Memiliki komponen yang bertindak
sebagai pusat pengontrol komunikasi yang disebut dengan Konsentrator.
Ada dua buah jenis Konsentrator :
a. HUB, dipecah sebanyak jalur yang
terhubung.
b. Switch, dikirimkan secara utuh
4. Jaringan Komputer dengan Topologi
Mesh
5. Jaringan Komputer dengan Topologi
Tree
Komunikasi Data (Komdat)
· Data adalah Fakta atau bagian dari fkta yang
mengandung arti, yang dihubungkan dengan kenyataan, symbol-simbol.
· Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang
lebih berguna dan lebih brarti bagi penerima , yang menggambarkan suatu
kejadia-kejadian yang bersifat fakta yang digunakan untuk pengambilan
kesimpulan.
Komunikasi data adalah komunikasi yang
secara khusus berkaitan dengan transmisi atau pemindahan data antara
komputer-komputer dengan piranti-piranti yang lain dalam bentuk data digital
yang dikirimkan melalui media komputer. Dapat pula diartikan sebagai hubungan atau interaksi (pengiriman dan peneriman)
antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik dengan jangkauan yang
sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas.
Komponen Komunikasi Data:
1. Pengirim : piranti yang
mengirimkan data.
2. Penerima : piranti
yang menerima data.
3. Pesan/Data : informasi yang
akan dipindahkan bisa berupa apa saja, teks, angka, gambar, suara, video, atau
kombinasi dari semuanya.
4. Media Pengiriman : media atau
saluran yang digunakan untuk mengirimkan data, bisa berupa kabel, cahaya maupun
gelombang magnetik.
5. Protokol : aturan-aturan
yang harus disepakati oleh dua atau lebih alat untuk dapat saling
berkomunikasi.
Jenis-Jenis Komunikasi Data:
1. Jenis Komuniksai Data Melalui
Infrastuktur Terestrial
Jenis komunikasi data ini dapat
dilakukan menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya sehingga
membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastuktur jenis ini.
2. Jenis Komunikasi Melalui Satelit
Jenis komunikasi data ini dapat
dilakukan dengan menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang
dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak
memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial, namun membutuhkan waktu yang
lama untuk berlangsungnya proses komunikasi.
Sistem Komunikasi Data
1. Titik ke titik (point to
point communications).
Informasi dari sumber hanya
ditujukan kepada satu point penerima saja.
Contoh : telepon, fax, telegram.
2. Titik ke beberapa penerima (multi
communications).
Informasi dari sumber ditujukan kepada beberapa point penerima saja. Contoh:
jaringan dengan switch.
3. Menyebar (broadcasting
communications).
Informasi yang diberika sumber dapat diterima oleh semua point yang terhubung
tanpa terkecuali. Contoh : televisi broadcast, radio broadcast.
Transmisi Data (Mode Transmisi)
1. Simplex:
Media komunikasi antara pengirim dan penerima yang bersifat satu arah, dimana
sisi pengirim hanya berfungsi sebagai pengirim informasi, sedangkan sisi
penerima berfungsi sebagai penerima. Mode ini juga sering disebut one
way only.
2. Half
Duplex (HDX) : Suatu metode komunikasi yang dapat dilakukan dua arah
secara bergantian (waktu tidak sama). Dimana si pengirim dapat mengirimkan
informasi dan sisi yang lain berfungsi sebagai penerima sehingga mode ini
sering disebut sebagai saluran two way alternate. Adapun contohnya
dapat dilihat dari pemahaian Handy-Talky.
3. Full
Duplex (FDX) : Suatu metode yang digunakan pada komunikasi untuk dua
arah secara terus-menerus. Dimana sisi pengirim dan penerima dapat
berkomunikasi dua arah dalam waktu yang bersamaan. Adapun contohnya dapat
dilihat dari pemakaian HP.
1.4.4. Basis Data (Data Base)
Basis data adalah, basis data terdiri dari 2 (dua) kata, yaitu kata Basis dan
Data. Basis bisa di artikan sebagai markas ataupun gudang, tempat berkumpul.
Sedangkan data yaitu kumpulan fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek, seperti
manusia, barang, dan lain-lain yang direkam ke dalam bentuk angka, bentuk
huruf, simbol, teks, bunyi, gambar atau juga kombinasinya. Jadi
pengertian basis data adalah kumpulan terorganisasi dari data – data yang
saling berhubungan sedemikian rupa sehingga dapat mudah disimpan, dimanipulasi,
serta dipanggil oleh penggunanya. Definisi Basis data juga dapat diartikan
sebagai kumpulan data yang terdiri dari satu atau lebih tabel yang terintegrasi
satu sama lain, dimana setiap user diberi wewenang untuk dapat mengakses (
seperti mengubah,menghapus dll.) data dalam tabel-tabel tersebut.
DBMS (Database Management Systems) :
Perangkat lunak yang menangani semua
pengaksesan ke database.
Sistem Basis Data : DBMS + Basis Data
Konsep Basis Data:
– Konsep Basis Data sebagai kumpulan
data yang saling terpadu.
– Pengertian sistem basis data adalah
sebagai sistem penyimpanan berkas data yang saling terpadu.
Contoh :
File Mhs File Kuliah File Nilai
NPM Kode MK NPM
Nama Mhs Nama MK Kelas
Jurusan SKS Kode MK
Nilai
Beberapa Istilah yang Digunakan Pada
Basis Data
1. Enterprise
Suatu bentuk organisasi seperti :
bank, universitas, rumah sakit, pabrik, dsb.
Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Data yang disimpan dalam basis data merupakan data operasional dari suatu enterprise.
Contoh data operasional :
– data keuangan
– data mahasiswa
– data pasien
2. Entitas :
Suatu obyek yang dapat dibedakan dari
lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data.
Contoh :
Contoh :
Entitas dalam lingkungan Bank terdiri
dari :
– Nasabah
– Simpanan
– Hipotik
Contoh :
Entitas dalam lingkungan Pabrik
terdiri dari :
– Supplier– Part
– Shipment
Kumpulan dari
entitas disebut Himpunan Entitas.
Contoh :
semua nasabah, semua supplier
3. Atribut (Elemen Data)
Karakteristik dari entitas tsb.
Contoh :
Entitas Nasabah, atributnya terdiri
dari : Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah.
4. Nilai Data (Data Value) :
Isi data / informasi yang tercakup
dalam setiap elemen data.
Contoh :
Atribut Nama Nasabah dapat berisi
Nilai Data : Nina, Rika, Gema, dsb.
5. Kunci Elemen Data (Key Data
Elemen)
Tanda pengenal yang secara unik
mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas.
Contoh:
Entitas Nasabah yang mempunyai atribut-atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah, dsb menggunakan Kunci Elemen Data Kode Nasabah.
Contoh:
Entitas Nasabah yang mempunyai atribut-atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah, dsb menggunakan Kunci Elemen Data Kode Nasabah.
6. Record Data
Kumpulan isi elemen data (atribut)
yang saling berhubungan.
Contoh:
kumpulan Atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah berisikan “931109”, “Nina”, “Jl. Keamanan 63A”.
kumpulan Atribut Kode Nasabah, Nama Nasabah, Alamat Nasabah berisikan “931109”, “Nina”, “Jl. Keamanan 63A”.
Contoh Informasi Dari Suatu
Enterprise
ENTITAS ATRIBUT NILAI DATA
Pelanggan Kode Pelanggan 123H
Nama Pelanggan PT. Maju Terus
Alamat Jl. Salemba Raya 53
Rekening Kode Rekening 63H250
Jenis Rekening Cek
Jumlah Rekening 1.000.000
Penyalur Kode Penyalur 3H20
Nama Penyalur PT. Jaya Elektronik
Alamat Jl. Margonda Raya 100
Komponen Sistem Basis Data
1. Data
Disimpan secara terpadu (integrated)
dan dapat dipakai secara bersama (shared).
2. Perangkat Keras
Terdiri dari unit penyimpanan
sekunder.
Contoh : disk, drum
3. Perangkat Lunak
Menghubungkan antara pemakai dan data
di dalam sistem basis data
4. Pemakai
Keuntungan dari Sistem Basis Data
1. Data dapat dipakai secara bersama.
2. Data dapat distandarisasi.
3. Mengurangi redudancy (kerangkapan
data).
4. Kemandirian data, dapat digunakan
oleh bermacam-macam program aplikasi tanpa harus merubah format data yang sudah
ada.
5. Keamanan data terjamin, data dapat
dilindungi dari pemakai yang tidak berwenang.
6. Keterpaduan data terjaga,
memelihara keterpaduan data berarti data harus akurat, hal ini sangat erat
hubungannya dengan pengontrolan kerangkapan data dan pemeliharaan keselarasan
data.
Kerugian dari Sistem Basis Data
1. Storage yang digunakan menjadi
besar.
2. Dibutuhkan tenaga yang terampil
dalam mengelola data.
3. Perangkat lunaknya mahal.
4. Kerusakan pada sistem basis data
dapat mempengaruhi departemen yang terkait.
5. INFORMATION MANAGEMENT PERSONEL
A. ANALYST SYSTEM
Sistem analis adalah orang yang
bertugas untuk menganalisis sistem dengan mempelajari masalah-masalah yang
timbul dan menentukan kebutuhan-kebutuhan pemakai serta mengidentifikasikan
pemecahan yang beralasan (lebih memahami aspek-aspek bisnis dan teknologi
komputer).
Nama lainnya : system designer,
business analyst, system consultant, system engineer, software engineer, sistem
analyst programmer, information system engineer.
Tugas dan tanggung jawab Analyst
System:
a. Tanggung jawab analyst system
tidak hanya pada pembuatan program
komputer
saja, tetapi pada sistem secara keseluruhan.
b. Pengetahuan analis sistem harus
luas, tidak hanya pada teknologi komputer, tetapi juga pada bidang aplikasi yang
ditanganinya.
c. Pekerjaan analyst system dalam
pembuatan program terbatas pada pemecahan masalah secara garis besar.
d. Pekerjaan analyst system
melibatkan hubungan banyak orang, tidak terbatas pada sesama analyst system, programmer
tetapi juga pemakai sistem dan manajer.
B. PROGRAMMER
Programmer adalah orang yang bertugas
untuk menulis kode program untuk suatu aplikasi tertentu berdasarkan rancangan
yang dibuat oleh system analis(lebih memahami teknologi komputer).
Tugas dan tanggung jawab Programmer :
a. Tanggung jawab pemrogram terbatas
pada pembuatan program komputer.
b. Pengetahuan programer cukup
terbatas pada teknologi komputer, sistem komputer, utilitas dan
bahasa-bahasa program yang diperlukan.
c. Pekerjaan programer sifatnya
teknis dan harus tepat dalam pembuatan instruksi-instruksi program.
d. Pekerjaan programer tidak
menyangkut hubungan dengan banyakorang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis
sistem yang mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
C. OPERATOR
Operator merupakan SDM yang tugasnya
mengoperasikan menghidupkan hardware, menjalankan software, berinteraksi dengan
hardware dan software yang sedang beroprasi, dan menyudahi operasi
(menghentikan software dan mematikan hardware). Operator tidak perlu memiliki
latar belakang pendidikan IT, selain pelatihan sesuai tugasnya. Dalam melaksanakan
tugasnya, tentu memerlukan otoritas yang cukup tinggi karena harus bisa
menghidupkan dan mematikan sistem. Mereka memiliki akses penuh atas console
sistem dan aplikasi untuk sistem produksi. Oleh karena itu operator harus
bekerja di ruang khusus yang tidak boleh dimasuki oleh siapa saja selain yang
diijinkan oleh pimpinan operasi. Sebaliknya, console sistem dan aplikasi untuk
sistem produksi di set-up sedemikian rupa supaya tidak bisa dibuka diluar ruang
operator.
Operator IT bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan
dan menjaga alat-alat IT untuk pengguna.
D. MAINTENANCE
Maintenance atau teknisi komputer/IT
adalah orang yang bertugas mengurus kedua pemeliharaan alat IT dan koordinasi
penggunaannya di seluruh perusahaan. Bisnis mengandalkan operator IT untuk
memecahkan masalah komputer dengan cepat dan menghasilkan laporan tentang
penyelesaian masalah ini. Kecuali untuk beberapa fungsi, peran
"teknisi Web" dan "operator IT" yang sangat
mirip. Perbedaan utama adalah bahwa operator IT adalah spesialis jaringan
dan teknisi, sedangkan teknisi Web mengkhususkan diri dalam Internet.
Tugas dan tanggung jawab Maintenance:
· Memberikan
dukungan kepada pengguna dan memastikan mereka memiliki informasi yang
diperlukan tentang cara menggunakan alat komputasi.
· Mengoperasikan
dan memelihara alat komputer.
· Laporkan setiap
anomali atau kegagalan dalam pengoperasian peralatan dan memberikan solusi yang
mengoptimalkan penggunaan komputer.
· Menjaga buku
catatan pada berbagai solusi dan saran untuk mereka gunakan.
· Memastikan
kualitas layanan untuk operasi TI.
PENUTUP
Simpulan
Teknologi informasi memiliki manfaat
yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan oleh karena itu perlu mendalami
ilmu teknologi informasi ini untuk mengoptimalkan penggunaan teknologi
informasi diberbagai aspek kehidupan.
Mahasiswa dituntut untuk membuahkan
pemikiran-pemikiran baru agar tidak hanya sebagai pemakai saja tetapi menjadi
pemberi solusi untuk teknologi informasi yang terbarukan. Untuk membuahkan
teknologi informasi yang terbarukan mahasiswa dituntut untuk belajar
menganalisa berbagai masalah dan menciptakan pemecah masalah baru, karena
teknologi akan selalu berkembang ke berbagai aspek kehidupan manusia.
Pada zaman teknologi canggih ini
teknologi informasi tidak hanya dipakai untuk pekerjaan seperti pengolahan data
tetapi sudah menjadi keperluan utama di dalam mencari informasi-informasi
mengenai ilmu pengetahuan bahkan sekarang telah menjadi media hiburan, karena
melalui teknologi informasi kita dapat mengakses berita dengan cepat tanpa
menunggu headline news dilayar televis, dan juga teknologi informsi memudahkan
kita berbagi pengetahuan dengan orang lain di berbagai belahan dunia dengan
cepat.
Orang yang selalu menggunakan
teknologi informasi akan menjadi orang yang terdepan di dalam pengolahan teknologi
dan informasi.
EmoticonEmoticon